Highlight: Kedai Kita, Momomilk, Sop dan Sate Sapi Bang Adi Kumis

Bogor itu menyimpan banyak kuliner sedap! Seru banget wisata kuliner ke kota hujan yang jaraknya hanya sekitar setengah jam dari Depok (kalo pake kereta hehehe). Sebenarnya belum sempat mencoba banyak, baru tiga tempat. Tapi, menurut saya tiga tempat ini punya nuansa dan citarasa yang oke.. sudah lebih dari sekali saya balik lagi ke tiga tempat ini buat tambo ciek!

Juara, Pizza Kayu Bakar punya Kedai Kita!


Seloyang pizza dengan roti tidak setebal american pizza, ditambah pilihan topping yang seru plus rasa unik dari proses masak dengan kayu bakar, duh! Favorit saya sih tuna. Hanya saja, seperti yang tampak di gambar, banyak paprikanya! Yang ga suka paprika kayak Shinchan, pesannya pizza Smoked BBQ Beef. Dijamin maknyus! Sendirian juga bisa makan seloyang hehehe…

Suasana Kedai Kita temaram asik untuk yang indoor dan sepoi-segar untuk yang milih di teras. Ditemani dengan makanan enak dan teman yang seru, dijamin oke buat nongkrong di kedai ini. Lokasinya ada di kawasan Taman Kencana. Ke sana bisa naik Angkot 03 dari depan Stasiun Bogor, turun di Taman Kencana, nyebrang dan masuk gang, kira-kira jalan 3-5 menit. Letaknya persis di depan Pia Apple Pie yang juga beken itu. Buka dari jam 8 pagi – 11 malam.

Oh iya, selain pizza, banyak juga menu mantap lainnya, seperti Mi Hotplate Sapi Lada Hitam. Juara! Ngerogoh kocek agak dalam sih buat mahasiswa moderate macam saya kalau di akhir bulan, tapi porsinya kuli juga sih. Gede, muasin! Oh, satu tips: jika kelaparan banget, bawa pengganjal perut deh, kadang servisnya lama kalau lagi ramai.

Mari Nyusu di Tenda Momomilk


Milk is everywhere di Momomilk! Mau susu rasa apa saja kayaknya pasti tersedia di sini. Selain susu, ada juga pilihan yoghurt berbagai rasa. Untuk makanan ada roti bakar dan chinese food yang bisa jadi pilihan. Di akun Twitter @MOMOMILK_ ada menu asik yang lagi gencar dipromosiin: Roti Bakar Double Cheese, kejunya berlipat harga tetap! Wah, berkunjung lagi ah kapan-kapan. Oh iya ternyata Momomilk sudah pindah ke Jalan Raya Padjadjaran, satu deret dengan McDonald’s Lodaya dan Pizza Domino.

Soto Susu Bang Adi Kumis, Nagih!


Saya selalu nyebut ini soto susu. Sebenarnya sih bukan soto susu, tapi sop sapi. Ini sajian utama warung Sop dan Sate Sapi Bang Adi Kumis yang letaknya di atas atap Pasar Gembrong, Sukasari. Sudah ada sejak tahun 1986an, tapi dulu di bawah, di pasar Gembrongnya, kemudian pindah ke atas atap di tahun 90an. Bukanya dari pukul 11.00-22.00 WIB. Kalau ke dari Stasiun Bogor naik angkot 02, minta berhenti di Pasar Gembrong setelah lewat dari Jalan Sukasari, terus naik ke atap deh.

Konon sih, sop atau soto betawi yang asli itu memang ga pakai santan, tapi susu. Rasa kuahnya jadi gurih, manis, dan ringan di lidah daripada soto santan. Mungkin diganti santan karena harga susu lebih mahal. Di warung Bang Adi Kumis, semangkok sop plus nasi panas bertabur bawang goreng dan teh tawar dipatok 24.000 rupiah. Selain sop, ada sate juga. Ga cuma daging dan jeroan sapi, ada kambing sebagai variasinya.

Jadi pertama kali ke sini itu sama si Emak. Awalnya rada skeptis ya, menilik lokasinya yang tidak lumrah di atas atap. Namun, begitu nyicip satu sendok kuahnya, duh langsung masuk daftar kuliner favorit! Totally recommended! 🙂

Ada rekomendasi kuliner Bogor lainnya yang ga boleh saya lewatin? Drop me a comment!

Advertisements