Belitung adalah salah satu pulau Indonesia yang naik daun dengan pemandangan pantainya yang superb! Hal ini terutama sejak kisah Laskar Pelangi yang ditulis Andrea Hirata mendapatkan spotlight di berbagai media, baik karena penghargaan-penghargaan yang berhasil diraihnya di kancah domestik maupun di luar negri, ataupun karena film dan berbagai realisasi lain dari karya tetralogi tersebut.

Ingin ke Belitung tanpa tur? Kira-kira biaya berapa? Mungkin tulisan ini dapat menjadi tolok ukur budget. Saya melakukan trip ke Belitung untuk 3H2M, berdua. Menurut saya, harga-harga yang ditawarkan oleh tur-tur ke Belitung untuk dua orang itu mahal. Sedangkan, saya tidak ingin ikutan open trip dengan orang yang jumlahnya berjubel hanya demi mengeluarkan uang minimum. Biasanya kalau sudah begitu, di akhir trip saya tidak puas, karena destinasi yang dituju sudah fix, dengan waktu yang sudah fix pula. Tidak ada waktu untuk benar-benar bersantai. Maka biasanya saya memilih untuk melakukan trip sendiri dengan menyewa motor.

Berikut adalah ancang-ancang biaya dan聽tips wisata聽ke Belitung, berdasarkan perjalanan 19-21 Maret 2015 untuk 2 orang.

Hotel: Harlika Jaya


Hotel dengan bangunan cukup tua ini punya pemandangan yang enak buat leyeh-leyeh, loh.

  • biaya IDR 150K-250K per malam/2pax
  • plus Lokasi oke (di kota Tanjung Pandan), servis oke, fasilitas basic/standard (kamar mandi, kipas angin/AC, tv mungil)
  • minus Air berbau dan berwarna, kamar sedikit lembab
  • komentar Untuk mandi dan menghindari air berbau dan berwarna itu, coba gunakan kamar mandi yang ada di sebelah restoran. airnya lebih bersih dan tidak berbau. Kemudian, dengar-dengar dari stafnya, mereka sedang mengakali bagaimana agar air mereka menjadi bening dan tak berbau, semoga saja sukses! Karena, sesungguhnya hotel ini patut direkomendasikan, menilik lokasi yang strategis, harga, serta fasilitas (basic!) yang ditawarkan.
  • tip Saya dan teman memilih untuk menggunakan jasa Street Taxi Belitung, silahkan cek website mereka: http://www.belitungtaxi.com/. Taxi ini menggunakan argo, dengan biaya lk. IDR 90K sekali jalan dari bandara ke Harlika Jaya dan sebaliknya.

Sewa Motor

  • biaya IDR 85K/hari.
  • tip Kami menyewa motor dari hotel, sepertinya bisa lebih murah kalau tidak melalui perantara hotel. Biaya untuk bensin tergantung jarak yang ditempuh. Pom bensin jarang ada, jadi silahkan isi bensin pinggir jalan. Hitung-hitung untuk bantu perekonomian warga sekitar. Harga bensin per liter antara IDR 7,5K-8,5K.

Sewa Perahu


Masih pagi dan sepi.

  • biaya lk IDR 400K-450K/hari, belum termasuk snorkel, makan siang, dan tips.
  • kontak Pak Madi 0819 29 69 55 76 atau hubungi Pak Ani 0819 49 10 83 46.
  • rute hopping islands Keliling sampai 4 pulau: Batu Berlayar, Kepayang, Kelayang (makan siang di sini), dan Lengkuas plus 2 kali snorkeling di sekitar Lengkuas. Kalau lucky, mampir juga ke Pulau Pasir, atau Pulau Siluman, yaitu pulau yang muncul kalau air lautnya surut. *updated*
  • komentar Nah, the trickiest part of going to Belitung without travel agent is planning the hopping islands part. Sebelum berangkat saya baca beberapa blog yang menyebutkan bisa loh menyewa perahu di hari H di Tanjung Kelayang. Saya coba cara tersebut, and made it through!
    Ini adalah pertama kalinya saya hopping islands, snorkeling dan pulang dengan puas! Bagaimana tidak puas? Di perahu itu cuma ada saya, teman dan supir perahu. Jadi, bisa dengan puas menentukan dari jam berapa sampai jam berapa berhenti di pulau apa, dan snorkeling sampai bosan! Kami sendiri menyewa perahu dari pukul 8.00 – 16.00 WIB. Omong-omong sewa perahu ini tidak termasuk snorkel. Biaya sewa snorkel sekitar IDR 25K ke atas. Proses tawar menawar berlaku, tapi kira-kira juga ya nawarnya hehehe. 馃檪
  • tip Kalau bisa mulailah hopping islands sepagi mungkin, karena kalau sudah siang, makin rame. Silahkan memberikan tips kalau anda puas dengan hopping islands-nya. Oh iya, untuk makan siang nanti akan berhenti di Pulau Kepayang Besar, nama restorannya Funtasy. Menurut saya harganya over-priced, jadi kalau mau jaga-jaga silahkan bawa camilan atau bekal. Keuntungan dari mampir ke restoran ini adalah dengan membayar IDR 10K, dapat fasilitas kopi/teh sepuasnya dan tempat bilas dengan air yang bersih.

Demikian rincian biaya yang bisa saya laporkan dari perjalanan kemarin. Semoga membantu!

PS. Di Belitung koneksi yang terbaik adalah dengan network Simpati atau XL, yang lainnya susah sinyal.
PS2. Menurut Pak Madi, guide hopping islands, kalau ke Belitung sekitar bulan Oktober-Januari, airnya keruh dan tidak sebening bulan lainnya.

Advertisements