featuredvisa

Tahukah kamu bahwa mengurus visa Sri Lanka tidak susah?

Pihak Imigrasi Sri Lanka memudahkan pelayanan permohonan visa dengan menyediakan layanan online dan visa on arrival (VOA). Dari yang saya baca-baca, cukup 10 menit setelah pembayaran, maka visa ke Sri Lanka sudah jadi. Syaratnya? Tidak susah pula, yang penting paspor masih valid dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan dari tanggal kadaluarsa.

Setelah saya coba apply visanya sendiri, ternyata memang mudah.

Biaya Visa Sri Lanka

Seperti sudah disebutkan, permohonan visa Sri Lanka ada dua jenis, yaitu online dan VOA. Silakan cek biayanya pada gambar berikut.

bfeevisab
Sumber: Sri Lanka Electronic Travel Authorization System (ETA) / June 2016

Ada dua biaya yang ditetapkan oleh Imigrasi Sri Lanka, untuk negara yang tergabung di SAARC (South Asian Association for Regional Cooperation, atau mirip dengan ASEAN untuk negara-negara Asia Tenggara) dan negara di luar SAARC. Indonesia termasuk negara di luar SAARC. Untuk visa turis dengan double entry akan dikenakan biaya sebesar 35 USD untuk permohonan visa online, dan biaya sebesar 40 USD untuk VOA.

Apa saja yang perlu disiapkan?

Menurut saya, di luar dari menyiapkan identitas paspor dan tanggal kedatangan, hanya dua hal lain, yaitu alamat di Sri Lanka dan kartu kredit. That’s it. Simple. Easy.

Enaknya lagi, formulir permohonan visa yang harus diisi pun tidak sampai berlembar-lembar dan membuat kamu pusing tujuh keliling bacanya. Hanya ada 5 bagian yang perlu kamu isi, bila kamu ingin mengajukan permohonan visa online sebagai turis individual. Coba simak step-by-step berikut.

Pertama, kamu buka situs web Imigrasi Sri Lanka, klik Apply,’ pilih opsi Tourist ETA: Apply for an Individual,’ dan kamu akan sampai di laman seperti di bawah ini.

 

bvisasri1b
Bagian 1. Informasi paspor pemohon visa turis individual.
bvisasri2b
Bagian 2. Informasi anak yang nebeng di paspormu. Abaikan kalau kamu tidak membawa anak. Bila anakmu (di bawah usia 16 tahun) sudah memegang paspor sendiri, silakan ajukan permohonan visa individual terpisah.
bvisasri3b
Bagian 3. Informasi kedatangan di Sri Lanka. Yang penting diisi hanya 2, tanggal kedatangan dan tujuan kunjungan.
bvisasri4b
Bagian 4. Informasi alamat dan kontak.

Untuk alamat di Sri Lanka, bila kamu belum pasti menginap di mana, kamu bisa melihat salah satu alamat hotel yang tersedia di Booking.com atau Agoda. Atau bila kamu merasa was-was, silakan lakukan booking hotel yang membolehkan free cancellation, seperti yang saya lakukan. Begitu visa saya diterima, saya langsung membatalkan booking-an. Walau begitu, alamat hotelnya tetap disimpan ya. Nanti akan kamu butuhkan untuk mengisi lembar kedatangan yang nantinya akan diserahkan pada petugas imigrasi di Sri Lanka.

 

bvisasri5b
Bagian 5. Deklarasi.

 

See. Mudah banget kan? Setelah kamu klik ‘Next,‘ akan muncul halaman selanjutnya, yaitu review informasi. Kamu bisa ricek informasi yang sudah kamu masukkan dan kembali ke halaman di atas lagi bila ada yang harus dikoreksi. Di halaman ini juga kamu akan diberitahu mengenai biaya pengajuan visa.

bvisasrireviewb
Biaya yang dikenakan untuk permohonan visa turis individual.

 

Ketika semua datamu sudah benar dan oke, kamu tinggal konfirmasi untuk dialihkan ke laman pembayaran. Saya sudah menyebutkan di atas, metode pembayarannya menggunakan kartu kredit, bisa yang berlogo Master atau Visa. Setelah pembayaran selesai, kamu akan mendapat email yang menyatakan bahwa permohonan kamu sedang diproses dan akan diberikan tanggapan dalam kurun waktu 24 jam. That’s it. You only need to wait for their response, which is super fast! Less than 5 minutes waiting for me.

Mudah banget kan? Asal sudah menyiapkan sebelumnya, dalam 10 menit juga formulir kamu sudah terkirim untuk diperiksa oleh pihak Imigrasi Sri Lanka, dan ta-ra, nggak sampai satu hari (bahkan nggak  sampai setengah jam buat saya), visa ke Sri Lanka sudah jadi!

Oh iya, dalam email respons tersebut ada nomor ETA (atau visa) yang harus kamu simpan dan tunjukkan bila diperlukan. Saat saya tiba dan menghadap ke imigrasi, petugasnya sih tidak meminta bukti visa saya. Well, I guess they are already super organized with the system. Tapi, biar aman, kamu print saja, mana tahu dibutuhkan.

Terakhir, bicara tentang pembayaran visa ini, saya dua kali gagal bayar. Saat itu saya membayar melalui kartu kredit Mandiri dan BCA milik teman saya dan disebutkan proses 3D Secure Authentication-nya gagal. Ketiga kalinya, saya menggunakan kartu kredit Citibank teman saya, yang notabene adalah bank internasional, dan berhasil. Saya tidak mengerti kenapa kartu kredit dari bank lokal gagal. 😐

P.S. Kejadian menarik juga mengenai kartu kredit, saat di Sri Lanka, Kandy tepatnya, salah satu teman jalan saya tidak bisa menarik uang tunai melalui ATM dari kartu kreditnya, yang kemungkinan juga kartu kredit dari bank lokal di Taiwan. Jadi, kalau mau membayar atau membawa kartu kredit ke Sri Lanka, coba kamu perhatikan detail ini juga ya.

Bagaimana? Apakah kamu sudah mulai tertarik berwisata ke Sri Lanka? Kalau belum, tunggu postingan saya berikutnya ya. I’ll make you want to visit the beautiful Lanka!

_______________

Ikuti catatan perjalanan Sri Lanka di Beautiful Lanka.

 

