Terkadang pas traveling, apalagi solo traveling, mengendarai motor itu lebih efisien daripada mengandalkan transportasi umum. Benar nggak?

Saya kalau lagi traveling sendirian, di tempat-tempat yang susah banget kendaraan umumnya, menyewa motor menjadi alternatif nomor satu. Misalnya saat saya di Lasem, Dieng, Belitung,聽Banyuwangi, Bali, Lombok, Jogja, bahkan ketika di luar negeri seperti Chiang Mai dan Ayutthaya (Thailand), Penang (Malaysia), dan Phnom Penh (Kamboja), menyewa motor membuat perjalanan saya lebih efisien, terutama kalau waktu saya terbatas.

Lantas kenapa tidak memilih mobil? Saya ini ketika traveling sendirian, pasti memilih low budget traveling, sebisa mungkin hemat biaya!聽Sewa mobil itu memangkas budget聽jalan-jalan lebih besar, apalagi kalau harus menanggung biaya sewanya sendirian. Sewa motor lebih hemat. Motor juga lebih asik dan efisien dipakai buat blusukan!

Saat menyewa motor di Ayutthaya (2015).
Menyewa motor di Ayutthaya. (2015) | Photo: Nana

Kalau kamu tertarik buat nyewa motor pas lagi traveling, ada 7 hal yang harus kamu perhatikan:

1. Kamu pengendara motor yang budiman?

Sangat krusial bahwa kamu adalah seorang pengendara motor yang baik. Kamu tahu peraturan berkendara, memiliki SIM C, mengerti arti rambu-rambu lalu lintas. Kalau kamu ragu dengan kemampuanmu untuk mengendarai motor, baiknya kamu pikir ulang rencanamu.

2. Nyewa motor tetap butuh riset

Merencanakan perjalanan ke suatu tempat sendirian, tidak lengkap tanpa riset terlebih dulu. Saya biasanya mencari tahu tentang tipe motor yang harus saya sewa. Nggak mungkin kan saya menyewa vespa untuk perjalanan menanjak terjal menuju tempat pendakian? Vespa sih lebih cocok untuk wisata di kota. Kamu harus cek dulu perihal beginian, jangan sampai salah sewa motor dan repot sendiri di jalan.

Menyewa dua motor di Chiang Mai untuk ke Doi Inthanon (2014).
Menyewa motor di Chiang Mai untuk berkunjung ke Doi Inthanon. (2014) | Photo: Debby

3. Identitas tambahan dan uang deposit

Kamu cuma punya KTP dan SIM, atau kalau pas di luar negeri cuma bawa paspor? Kadang tempat rental membutuhkan dua kartu identitas sebagai jaminan, lho.
Kan nggak mungkin kamu menyerahkan SIM-mu juga atau paspormu. Kalau sudah begini, kamu harus menyiapkan uang tambahan ya. Biasanya sebagai pengganti, kamu harus menitipkan sejumlah uang sebagai deposit. Tapi tenang, uang ini akan dikembalikan kalau kamu sudah mengembalikan motornya juga.
Untuk paspor, jangan lupa bawa copy paspor ya! Nggak mungkin kan kamu memberikan paspormu sebagai jaminan untuk menyewa motor.

4. Ketentuan sewa mesti dibaca, lho

Kamu jangan melewatkan yang satu ini. Berbeda dengan kamu yang malas baca terms & condition saat meng-instal sesuatu di gadgetmu, yang ini wajib! Kamu harus tahu biaya sewa kamu itu sudah meliputi apa saja. Adakah uang tambahan yang harus kamu bayarkan kalau motor sewaannya telat kamu kembalikan? Andai ban motor kempes atau motormu mati mendadak di tengah jalan, kamu dapat motor pengganti atau tidak? Asuransi? Well, ini sih tampaknya jarang banget termasuk dalam sewa motor. Tapi lebih baik tahu, kan? Kalau mereka tidak menuliskan hal-hal ini dalam ketentuan sewa mereka, tanyakan saja.

5. Keep smile and keep their contact

Kamu harus tahu nomor kontak yang bisa dihubungi dari tempat penyewaan tersebut. Buat jaga-jaga. Soal senyuman, kamu pasti nggak senang dibawelin orang kan? Demikian juga mereka. Kita wajib peduli dengan keselamatan diri, tapi biarpun bawel harus tetap ramah sama mereka. Kalau ada apa-apa dengan motornya, mereka yang bantuin kita juga. Sekalian menjaga silaturahmi, mana tahu bisa dapat diskon.

6. Kepala boleh gundul, tapi ban nggak boleh

Penting banget ini! Sepeda motor saya pernah tergelincir karena saya lupa mengecek hal ini! Jadi pilihlah motor sewaan dalam kondisi yang bagus. Cek kondisi ban. Cek remnya. Cek kenyamanan kamu saat mencoba kendaraan itu. Lakukan test drive dulu. Oh, jangan lupa cek STNKnya dan simpan dengan baik.

Selalu pakai helm walau naik motor di mana pun. Ini di Penang. (2015)

7. Helmnya dipakai ya!

Kembali ke nomor satu. Jadilah pengendara yang baik. Pakai helm dan selamat berkelana!

Nah, sekarang kamu sudah siap untuk menyewa motor saat liburan. Let’s go! 馃榾

Advertisements